PENGARUH
SIKAP KASIH SAYANG DALAM KELUARGA, PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP
SECURE ATTACHMENT,
MOTIVASI
BERPRESTASI DAN PEMAKNAAN GENDER DALAM MENGHADAPI KONFLIK
ANTAR REMAJA
Oleh:
Feri Jon
NIM. 201310440211027
Abstrak
Masa
remaja merupakan periode penting dalam rentang kehidupan manusia. Pada masa
remaja, teman sebaya atau peers memiliki arti yang amat penting. Umumnya mereka
ikut dalam kelompok-kelompok,gang-gang atau peer group dimana perilaku dan
nilai-nilai kolektif remaja sangat dipengaruhi oleh perilaku serta nilai-nilai
individu yang menjadi anggotanya. Pada masa ini remaja memiliki
kebutuhan-kebutuhan selama masa remaja diantaranya adalah kebutuhan akan kasih
sayang atau secure attachment dan kebutuhan berprestasi atau motivasi
berprestasi. Dimensi karakteristik secure attachment dapat berupa sikap hangat
dalam berhubungan dengan orang lain, tidak terlalu bergantung pada orang lain,
tidak akan menjauhi orang lain, sangat dekat dengan orang yang disayangi, lebih
empati, sangat percaya pada orang yang disayangi, dan lebih nyaman bersama
dengan orang yang disayangi. Sedangkan pada masa ini juga sering terjadi
konflik pada remaja baik dengan teman sesama remaja maupun dengan orang tua,
sudah begitu banyak penelitian-penelitian yang berkaitan hubungan persahabatan
maupun konflik antar remaja ini, seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Katherine dan Matthew dimana dalam penelitian mereka
mencoba mengungkap Hal-hal penting pada konflik remaja dalam Memprediksi Fungsi Sosial
Konflik Remaja 'Dengan
Orangtua dan Teman sebayanya, Sehingga membuat penelti tertarik mencoba menguji Pengaruh
sikap kasih sayang dalam keluarga Peranan sekolah dalam menumbuhkan sikap secure
attachment motivasi berprestasi dan pemaknaan gender dalam menghadapi konflik antar remaja.
Daftar Pustaka.
Katherine,
B. E., Matthew, J. D., & Jude, C. (2012). Tipping Points in Adolescent
Adjustment:
Predicting Social Functioning From Adolescents’ Conflict With Parents and
Friends. Journal of Family Psychology,
26 (5), 776–783.
Marko,
R., (2011).
The Relation Between Distance Students' Motivation,
Their Use Of Learning
Strategies,
And Academic Success . The Turkish Online
Journal of Educational Technology, 10, 1.
Kathryn,
R. W,. (1998). Social Relationships and
Motivation in Middle School: The Role of
Parents,
Teachers, and Peers. Journal
of Educational Psychology, 90 (2), 202-209
Kulwinder, S,. (2011). Study of Achievement
Motivation in relation to Academic
Achievement of Students. International Journal of Educational Planning &
Administration, 1 (2), 161-171
Hafiz, M. & Waqas, R., Parental
Involvement and Academic Achievement; A Study on
Secondary School Students of Lahore,
Pakistan. International Journal of Humanities and
Social Science, 3 (8)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar