Jumat, 14 Juli 2017

PENGARUH SIKAP KASIH SAYANG DALAM KELUARGA, PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SECURE ATTACHMENT, MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAKNAAN GENDER DALAM MENGHADAPI KONFLIK ANTAR REMAJA

PENGARUH SIKAP KASIH SAYANG DALAM KELUARGA, PERANAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN SIKAP SECURE ATTACHMENT,
MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAKNAAN GENDER DALAM MENGHADAPI KONFLIK ANTAR REMAJA

Oleh:
Feri Jon
NIM. 201310440211027


Abstrak
            Masa remaja merupakan periode penting dalam rentang kehidupan manusia. Pada masa remaja, teman sebaya atau peers memiliki arti yang amat penting. Umumnya mereka ikut dalam kelompok-kelompok,gang-gang atau peer group dimana perilaku dan nilai-nilai kolektif remaja sangat dipengaruhi oleh perilaku serta nilai-nilai individu yang menjadi anggotanya. Pada masa ini remaja memiliki kebutuhan-kebutuhan selama masa remaja diantaranya adalah kebutuhan akan kasih sayang atau secure attachment dan kebutuhan berprestasi atau motivasi berprestasi. Dimensi karakteristik secure attachment dapat berupa sikap hangat dalam berhubungan dengan orang lain, tidak terlalu bergantung pada orang lain, tidak akan menjauhi orang lain, sangat dekat dengan orang yang disayangi, lebih empati, sangat percaya pada orang yang disayangi, dan lebih nyaman bersama dengan orang yang disayangi. Sedangkan pada masa ini juga sering terjadi konflik pada remaja baik dengan teman sesama remaja maupun dengan orang tua, sudah begitu banyak penelitian-penelitian yang berkaitan hubungan persahabatan maupun konflik antar remaja ini, seperti pada penelitian yang dilakukan oleh Katherine dan Matthew dimana dalam penelitian mereka mencoba mengungkap Hal-hal penting pada konflik remaja dalam Memprediksi Fungsi Sosial Konflik Remaja 'Dengan Orangtua dan Teman sebayanya, Sehingga membuat  penelti tertarik mencoba menguji Pengaruh sikap kasih sayang dalam keluarga Peranan sekolah dalam menumbuhkan sikap secure attachment motivasi berprestasi dan pemaknaan gender dalam menghadapi konflik antar remaja.



Daftar Pustaka.
Katherine, B. E., Matthew, J. D., & Jude, C. (2012). Tipping Points in Adolescent    
Adjustment: Predicting Social Functioning From Adolescents’ Conflict With Parents and Friends. Journal of Family Psychology, 26 (5), 776–783.
Marko, R., (2011). The Relation Between Distance Students' Motivation, Their Use Of Learning
Strategies, And Academic Success . The Turkish Online Journal of Educational Technology, 10, 1.
Kathryn, R. W,. (1998). Social Relationships and Motivation in Middle School: The Role of
            Parents, Teachers, and Peers. Journal of Educational Psychology, 90 (2), 202-209
Kulwinder, S,. (2011). Study of Achievement Motivation in relation to Academic
Achievement of Students. International Journal of Educational Planning & Administration, 1 (2), 161-171
 Hafiz, M. & Waqas, R.,  Parental Involvement and Academic Achievement; A Study on
Secondary School Students of Lahore, Pakistan. International Journal of Humanities and Social Science, 3 (8)
                                                                                                                         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar