MAKALAH PSIKOSEKSUAL DAN PSIKOSOSIAL


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kepribadian (Personality) merupakan salah satu kajian psikologi yang lahir berdasarkan pemikiran, kajian atau temuan-temuan (hasil praktik penanganan kasus) para ahli. Objek kajian kepribadian adalah “human behavior”, perilaku manusia yang pembahasannya terkait dengan apa, mengapa dan bagaimana.
Perkembangan pemikiran dan kajian empirik di kalangan para ahli tentang kepribadian manusia telah melahirkan berbagai teori yang beragam sesuai dengan perspektif pemikiran dan pengalaman pribadi para ahli yang membangun teori tersebut. Berikut ini akan disajikan teori kepribadian psikoseksual Sigmund Freud dan psikososial Erik Ericson.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana teori Psikoseksual memandang perkembangan pribadi sosial individu?
2.      Bagaimana teori Psikososial memandang Perkembangan pribadi sosial individu?
C.     Tujuan
1.    Untuk memahami perkembangan pribadi sosial berdasarkan teori Psikoseksual
2.    Untuk memahami perkembangan pribadi sosial berdasarkan teori Psikososial









BAB II
PEMBAHASAN

A.    PERKEMBANGAN PRIBADI SOSIAL BERDASARKAN TEORI PSIKOSEKSUAL
1.      Sejarah Perkembangan
Teori perkembangan psikoseksual Sigmund Freud adalah salah satu teori yang paling terkenal, akan tetapi juga salah satu teori yang paling kontroversial. Freud percaya kepribadian yang berkembang melalui serangkaian tahapan masa kanak-kanak di mana mencari kesenangan-energi dari id menjadi fokus pada area sensitif seksual tertentu. Energi psikoseksual, atau libido, digambarkan sebagai kekuatan pendorong di belakang perilaku. Menurut Sigmund Freud, kepribadian sebagian besar dibentuk pada usia lima tahun. Awal perkembangan berpengaruh besar dalam pembentukan kepribadian dan terus mempengaruhi perilaku di kemudian hari.
Sigmund Freud lahir di Freiberg, kota kecil di sebuah Negara yang bernama Cekoslawakia. Ia adalah putra sulung dari istri kedua ayahnya yang melahirkan lima anak perempuan dan dua anak laki-laki. Kedua orang tua Sigmund Freud adalah pemeluk Yahudi, dan Sigmund Freud sendiri ialah pemeluk Yahudi. Selama bertahun-tahun Sigmund Freud menderita depresi dan keletihan atau apati periodic, gejala-gejala neurotik yang kelak berbentuk serangan-serangan kecemasan dan seringkali mengganggu sebelum disingkirkan oleh analisisnya.
Berbekal penghargaan travelling fellowship Freud pergi ke Paris, belajar di salpatriere (rumah sakit untuk penyakit syaraf yang dipimpin oleh Charcot). Freud terkesan dengan investigasi Charcot mengenai hysteria, yang menginformasi kebenaran informasi histerik, termasuk kelumpuhan histerik dan bangunan sugesti hipnotik. Tahun 1886, Freud kembali ke Wina dan menikah dengan Martha Bernays, membuka praktik pribadi sebagai spesalis penyakit syaraf. Ketika Freud menyadari keterbatasan sugesti hipnotik maka dengan segera ia meninggalkan elektroterapi.
Pada awal tahun 1880 ia menjalin persahabatan yang akrab dengan Joseph Breuer. Joseph bercerita bagaimana ia menangani anak perempuan yang memiliki gejala histeria dengan menghipnotis dan mengeksperesikan diri serta menekannya ke dalam situasi emosi. Selama periode 1887-1990 Freud menjalin pertemanan dengan Wilhem Fleiss, seorang spesialis hidung dan tenggorokan. Fleiss melihat masalah seksual menjadi sebagai hal yang sentral dan mendorong serta memberikan ijin Freud untuk mengembangkan teorinya.
Dengan dasar latar belakang di atas, Freud mulai mengembangkan idenya mengenai dasar seksual neurosis. Freud menemukan nafsu kanak-kanaknya terhadap ibunya, dan kecemburuan terhadap ayahnya yang dianggap sebagai karakteristik suka menentang pada diri manusia (Richard Nelson Jones 2011:32).
2.      Hakikat Manusia
Freud memandang manusia secara deterministik atau makhluk yang dapat mengendalikan dirinya. Hal ini mengartikan bahwa manusia sangat ditentukan atau disetir oleh tekanan irasional, motivasi tidak disadari, dorongan biologis, dorongan naluri serta kejadian lima atau enam tahun pertama dalam kehidupan (Gerald Corey 2009:15). Jika tahap-tahap psikoseksual selesai dengan sukses, hasilnya adalah kepribadian yang sehat. Jika masalah tertentu tidak diselesaikan pada tahap yang tepat, fiksasi dapat terjadi. fiksasi adalah fokus yang gigih pada tahap awal psikoseksual. Sampai konflik ini diselesaikan, individu akan tetap “terjebak” dalam tahap ini. Misalnya, seseorang yang terpaku pada tahap oral mungkin terlalu bergantung pada orang lain dan dapat mencari rangsangan oral melalui merokok, minum, atau makan.
3.      Struktur Kepribadian
Freud membagi struktur kepribadian ke dalam tiga komponen, yaitu id, ego dan super ego. Perilaku seseorang merupakan hasil interaksi antara tiga komponen tersebut.


a.       Id (Das Es), Aspek Biologis Kepribadian
Id merupakan komponen kepribadian yang primitif, instinktif (yang berusaha untuk memenuhi kepuasan instink) dan rahim tempat ego dan super ego berkembang. Id berorientasi pada prinsip kesenangan (Pleasure principle) atau prinsip reduksi ketegangan. Id merupakan sumber energi psikis, ini dikarenakan id merupakan sumber dari isntink kehidupan (eros) dan instink kematian atau instink agresif yang menggerakkan tigkah laku. Prinsip kesenangan merujuk pada pencapaian kepuasan segera dari dorongan biologis tersebut. Id merupakan proses primer yang bersifat primitif, tidak logis, tidak rasional dan orientasinya bersifat fantasi (maya).
Dalam mereduksi ketegangan atau menghilangkan kondisi yang tidak menyenangkan dan untuk memperoleh kesenangan, id menempuh dua cara (proses), yaitu melalui refleks dan proses primer (the primary of process). Refleks merupakan reaksi-reaksi mekanis atau otomatis yang bersifat bawaan (bukan hasil belajar) seperti besin dan berkedip. Melalui refleks (ketegangan atau perasaan tak nyaman) dapat direduksi dengan segera. Proses primer merupakan reaksi-reaksi psikologis yang lebih rumit. Proses primer berusaha mengurangi ketegangan dengan cara membentuk khayalan (berfantasi) tentang objek atau aktivitas yang akan menghilangkan ketegangan tersebut. Misalnya: pada saat lapar mengahayalkan makanan, pada saat dendan menghayalkan kegiatan membalas dendam. Kehadiran objek yang diinginkan dalam bentuk khayalan sebagai pengalaman halusinasi dinamakan sebagai “wishfullfillment”. Contoh proses primer yang terbaik dalam proses kehidupan sehari-hari adalah mimpi.
b.      Ego (Das Ich), Aspek Psikologis Kepribadian
Merupakan eksekutif atau manajer dari kepribadian yang membuat keputusan (Decison maker) tentang instink-instink mana yang akan dipuaskan dan bagaimana caranya, atau sebagai sistem kepribadian yang terorganisir, rasional dan berorientasi pada prinsip realitas (reality principle). Peran utama ego adalah sebagai mediator (perantara) yang menjembatani antara id (keinginan yang kuat untuk mencapai kepuasan) dengan kondisi lingkungan atau kondisi luar (external social world) yang diharapkan. Ego dibimbing oleh prinsip realitas (reality principle) yang bertujuan untuk mencegah terjadinya ketegangan sampai ditemukan objek yang cocok untuk pemuasan kebutuhan atau dorongan id.
Freud mengibaratkan ego seperti joki penunggang kuda yang harus memahami kekuatan kuda. Dalam rangka menghindar dari masalah, ego harus berusaha untuk menjinakkan dorongan id yang tidak terkendali. Seperti halnya id, ego pun mempunyai keinginan untuk memaksimalkan pencapaian kepuasan. Namun dalam prosesnya ego mendasarkan pada secondary process thingking. Proses sekunder adalah berfikir realistik yang bersifat rasional, realistik dan berorientasi pada pemecahan masalah, termasuk fungsi persepsi, belajar, memori dan yang sepertinya. Melalui proses sekunder ini pula ego merumuskan suatu rencana untuk memuaskan kebutuhan atau dorongan, kemudian menguji rencana itu. Orang yang lapar merencanakan untuk mencari makan, dan mengujinya di tempat mana makanan itu berada.
c.       Super ego (Das Uber Ich) Aspek Sosiologia Kepribadian
Super ego merupakan komponen moral kepribadian yang terkait dengan standar atau norma masyarakat mengenai baik dan buruk, benar dan salah. Super ego berkembang pada usia sekitar 3 atau 5 tahun. Pada usia ini anak belajar untuk memperoleh hadiah (rewards) dan menghindari hukuman (punishment) dengan cara mengarahkan tingkah lakunya yang sesuai dengan ketentuan atau keinginan orang tuanya.
4.      Perkembangan Kepribadian
Perkembangan kepribadian dalam tahapan perkembangan psikoseksual, saat energi seksual berubah-ubah seiring kematangan anak. Setiap tahap menghasilkan sejumlah perasaan frustasi, konflik, dan kecemasan. Jika hal ini tidak dapat diselesaikan secara baik, perkembangan normal dapat terganggu dan anak dapat terus terfiksasi atau tertahan pada tahapan tertentu. Sebagai contoh, menurut Freud ada orang yang terfiksasi pada tahap oral yang terjadi pada tahun pertama kehidupan manusia, saat bayi menghayati dunianya melalui mulu. Sebagai orang dewasa, mereka akan mencari kepuasan oral dengan merokok, makan berlebihan, menggigit kuku atau menggigit ujung pensil, lainnya menjadi sangat lekat terhadap orang lain dan tidak mandiri.
Namun bagi Freud, tahapan yang paling penting dalam pembentukan kepribadian adalah tahap phallic (oedipal) yang berlangsung dari usia 3-5 (6) tahun. Selama tahap ini Freud beranggapan bahwa anak memiliki keinginan yang tidak ia sadari untuk memiliki orang tua yang jenis kelaminnya berbeda dan menyingkirkan orang tua yang jenis kelaminnya sama dengan dirinya. Anak seringkali dengan nagga berkata”aku akan menikah dengan ayah/ibu jik besar nanti. Fenomena ini disebut oedipus complex, dari legenda Yunani yang secara tidak sengaja membunuh ayahnya dan menikahi ibunya.
Berikut ini adalah model atau tahapan perkembangan kepribadian menurut Freud:
Tahapan
Usia
Pusat Erotis
Pengalaman
Oral
0-1
Mulut
Penyapihan dari menyusu
Anal
1-3
Anus
Toilet training
Phallik
3-5
Penis
Identifikasi kepada model peranan orang dewasa, dan mengatasi krisi oedipal
Latensi
6-12
Tidak ada
Memperluas kontak sosial
Genital
12 ≥
Genital
Membangun hubungan yang lebih intim (akrab), dan memberikan kontribusi pada masyarakat melalui bekerja
a.       Tahap Oral (oris=mulut)
Adalah periode bayi yang masih menetek, seluruh hidupnya masih bergantung pada orang lain (ibu). Pada masa ini libido didistribusikan ke daerah oral sehingga perbuatan mengisap dan menelan menjadi metode utama untuk mereduksi ketegangan dan mencapai kepuasan (kenikmatan). Mulut menjadi sumber kenikmatan erotis, maka anak akan menikmati peristiwa menetek pada ibunya dan memasukkan segala jenis benda kedalam mulutnya termasuk jempolnya sendiri.
Ketidakpuasan pada masa oral seperti disapih dan kelahiran adiknya dapat menimbulkan gejala regresi atau kemunduran, yaitu berbuat seperti bayi atau anak yang sangat bergantung pada orang tuanya ataupun perasaan iri hati (cemburu). Reaksi dari kedua gejala tersebut dapat dinyatakan dari beberapa tingkah laku, seperti: mengisap jempol, mengompol, membandel, dan membisu. Dampak dari ketidakpuasan terhadap perkembangan kepribadian anak adalah merasa kurang aman, selalu bergantung pada orang lain, selalu meminta perhatian atau egosentris.
Sama halnya dengan anak yang tidak mendapatkan kepuasan, anak yang mendapatkan kepuasan secara berlebihan memiliki dampak terhadap kepribadiannya. Dampaknya adalah dia akan menampilkan pribadi yang kurang mandiri (kurang bertanggung jawab), rakus, dan haus perhatian. Menurut Freud fiksasi pada tahap ini akan membentuk sikap obsesif, yaitu makan dan merokok pada kehidupan berikutnya (masa remaja dan dewasa). Pada tahapan ini dorongan agresif sudah mulai berkembang.
b.      Tahap Anal
Berada pada usia 2 sampai 3 tahun. Pada tahap ini libido terdistribusikan ke daerah anus. Anak akan mengalami ketegangan ketika akan buang air besar, namun disinilah letak kepuasan dan kesenangan atau kenikmatan. Peristiwa ini disebut sebagai erotik anal. Pada tahapan ini anak dituntut untuk memulai penyesuaian diri dengan tuntutan orang tua (lingkungan), seperti hidup bersih, tidak mengompol, tidak buang air kecil sembarangan.
Toilet training adalah usaha sosialisasi nilai-nilai sosial pertama yang sistematis sebagai upaya untuk mengontrol dorongan-dorongan biologis anak yang diperkenalkan oleh orang tua. Ada beberapa kemungkiknan cara orang tua memberikan latihan kebersihan atau toilet training ini, yaitu: sikap keras, selalu memuji dan pengertian. Ketiga cara tersebut akan memberikan dampak tersendiri bagi perkembangan anak. Beriku ini adalah tabel cara pelatihan orang tua dan dampaknya terhadap perkembangan anak.


Cara Pelatihan
Dampak
Sikap keras (sering menghukum)
·         Bersikap berlebihan dalam ketertiban atau kebersihan
·         Bersikap kikir
·         Stereotif kurang kreatif
·         Bersikap kejam/keras/sukap memusuhi
·         Penakut
·         Bersikap kaku
Selalu memuji
·         Selalu ingin dipuji
·         Manja atau kurang mandiri
Sikap pengertian
·         Mampu beradaptasi atau menyesuaikan diri
·         Egonya berkembang dengan wajar
c.       Tahap Phallik
Berlangsung pada usia 3 sampai 5 tahun. Pada tahap ini anak mulai memperhatikan atau senang memainkan alat kelaminnya sendiri, dengan kata lain anak sudah mulai bermasturbasi, mengusap-usap atau memijit-nijit organi seksualnya sendiri yang menghasilkan kepuasan atau rasa kesenangan. Pada masa ini terjadi perkembangan pada aspek psikologis, terutama yang terkait dengan iklim kehidupan sosiopsikologis keluarga tau perlakuan orang tua kepada anak.
Pada tahapan ini, anak masih bersikap “selfish”, sikap memperhatikan orang lain. Perkembangan gejala-gejala psikologis pada tahap phalik disajikan pada tabel berikut ini.
Gejala
Pengertian
Keterangan
Anak wanita Iri hati Dzakar (penis envy)
Sikap cemburu terhadap kelamin laki-laki, hal ini dikarenakan yang dimilikinya berbeda dengan laki-laki. Dengan kata lain terjadi kecemburuan karena tidak memiliki penis seperti laki-laki. Dia merasa tidak senang atau mencela anatominya sendiri, karena dipandang “dificiency” (ada kekurangan
Apabila ibu bersikap ramah atau penuh kasih sayang, maka gejala ini akan mudah terselesaikan. Namun jika sebaliknya, maka anak akan sulit memainkan perannya sebagai wanita, dan dia akan memprotes kewanitaanya.
Masculine Protest
Protes terhadap kondisinya sebagau wanita, sehinga lebih senang berperan sebagai laki-laki, bersikap keras dan senang memainkan permainan laki-laki
Kondisi ini terjadi apabila lingkungan (orang tua) bersikap merendahkan anak wanita. Mungkin juga terjadi karena ibu sebagai figur wanita ketika diidentifikasi penampilannya kurang feminim
Electra Complex
Sikap anak wanita yang mencintai, menyayangi atau simpati kepada ayahnya. Gejala ini terkait dengan fakta bahwa anak wanita tidak memiliki penis
Kondisi ini terjadi karena ibunya bersikap keras, sementara sikap ayah menyayangi (akrab)
Anak laki-laki
Oedipus Complex
Perasaan cinta (kemenarika seksual) kepada ibu, dan sikap memusuhi ayah (karena dipandang sebagai pesaingnya). Oedipus Complex ini melahirkan sikap ambivalensi pada anak (konflik internal), yaitu sikap mendua antara membenci ayah dengan keinginanya mengidentifikasi dirinya kepada ayah sebagai tokoh yang mempunyai otoritas di rumah tangga
Gejala ini terjadi karena:
·         Ibu sejak kecil mengurus dengan penuh kasih sayang
·         Ayah jarang di rumah
·         Ayah terlalu keras atau kurang memberikan kasih sayang.
Gejala oedipus ini (sikap memusuhi ayah) akan menyebabkan anak merasa bersalah kepada ayahnya, maka untuk mengatasinya anak mengidentifikasi dirinya kepada ayahnya. Kemampuan mengatasi konflik ini merupakan perkembangan psikoseksual yang sehat. Freud menduga tanpa identifikasi, maka anak kan mengalami hambatan dalam perkembangannya, terutama dalam mengembangkan superego
Castration Anxiety
Kecemasan atau ketakutan anak akan perbuatan ayahnya memotong (menyunat) penisnya, gara-gara dia memusuhi ayahnya. Gejala ini muncul sebagai dampak Oedipus Complex
Untuk mengatasinya anak mengidentifikasi dirinya kepada ayahnya
Agar perkembangan anak pada tahap ini dapat berjalan dengan baik, tidak mengalami hambatan atau kemandegan maka seyogyanya orang tua memperhatikan hal-hal berikut.
1.      Orang tua memelihara keharmonisan keluarga
2.      Ibu memainkan perannya sebagai seorang yang feminim, bersikap ramah, gembira, dan memberikan kasih sayang
3.      Ayah mampu memerankan dirinya sebagai figur yang menerapkan prinsip realitas dalam menghadapi segala masalah hidup, tanpa melarikan diri dari masalah atau bertindah berlebihan
4.      Ayah dan ibu memiliki komitmen yang tinggi dalam mengamalkan nilai-nilai agama yang dianutnya
5.      Ayah bersikap demokratis, penih perhatian, akrab dengan anak dan tidak munafik
d.      Tahap Latensi
Berkisar antara usia 6 sampai 12 tahun (masa sekolah dasar). Tahap ini merupakan masa tenang seksual, karena segala sesuatu yang terkait dengan seks dihambat atau dirempres (ditekan). Masa ini adalah periode bertahannya dorongan-dorongan seks dan agresif. Selama masa ini, anak mengembangkan kemampuanya bersublimasi (seperti mengerjakan tugas-tugas sekolah, bermain olah raga, dan kegiatan lainnya dan mulai menaruh perhatian untuk berteman atau bergaul. Mereka belum mempunyai perhatian khusu pada lawan jenis (bersikap netral) sehingga dalam bermain pun anak laki-laki akan bermain dengan sejenisnya begitu pula wanita.
Tahap ini dipandang sebagai masa perluasan kontak sosial dengan orang-orang di luar keluarganya. Oleh karena itu proses identifikasi pun mengalami perluasan atau pengalihan objek. Sebagai contoh semula objek identifikasi anak adalah orang tua namun sekarang meluas pada guru, tokoh sejarah atau para bintang.

e.       Tahap Genital
Dimulai sekitar usia 12 sampai 13 tahun. Pada masa ini anak sudah mulai memasuki usia remaja. Masa ini ditandai dengan matangnya organ reproduksi anak. Pada tahapan ini, instink seksual dan sikap agresif menjadi lebih aktif. Anak mulai mengembangkan motif untk mencintai orang lain atau mulai berkembangnya motif altruis (berkeinginan untuk memperhatikan kepentingan orang lain). Motif-motif ini mendorong anak untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan dan persiapan untuk memasuki dunia kerja, pernikahan dan berkeluarga.
Masa ini ditandai dengan pengalihan perhatian dari mencari kepuasan atau kenikmatan sendiri (yang bersifat kekanak-kanakan atau selfish) kepada kehidupan sosial orang dewasa  dan berorientasi kenyataan (prinsip realitas) atau sikap altruis. Keterkaitan antara karakter orang dewasa dengan perkembangan psikoseksual dapat digambarkan sebagai berikut:
Tahapan
Perpanjangan ke masa dewasa
Sublimasi
Formasi reaksi
Oral
Merokok, makan, minum, ciuman, memelihara kesehatan mulut, dan mengunyah
Mencari ilmu, senang humor dan sarkasme
Sangat hati-hati dalam berbicara, pengikut mode, tidak senang susu, dan senang memberikan larangan
Anal
Penampilan yang tidak karuan, senag berlama-lama pada saat buang air besar
Senang melukis, memahat, memberi hadiah, berminat terhadap statistik
Sangat muak dengan buang air besar, takut akan kotoran, lekas marah, sangat sopan dan santun
Phallik
Senang bermasturbasi, genit, dan senang mengekspresikan kejantanan
Senang berpuisi, bercinta, minat terhadap akting, semangat mencapai kesuksesan
Mempunyai sikap yang teguh terhadap seks, dan rendah hati



B.     PERKEMBANGAN PRIBADI SOSIAL BERDASARKAN PSIKOSOSIAL
1.      Sejarah perkembangan
Teori perkembangan kepribadian yang dikemukakan Erik Erikson merupakan salah satu teori yang memiliki pengaruh kuat dalam psikologi. Bersama dengan Sigmund Freud, Erikson mendapat posisi penting dalam psikologi. Hal ini dikarenakan ia menjelaskan tahap perkembangan manusia mulai dari lahir hingga lanjut usia; satu hal yang tidak dilakukan oleh Freud. Selain itu karena Freud lebih banyak berbicara dalam wilayah ketidaksadaran manusia, teori Erikson yang membawa aspek kehidupan sosial dan fungsi budaya dianggap lebih realistis.
Teori Erikson dikatakan sebagai salah satu teori yang sangat selektif karena didasarkan pada tiga alasan. Alasan yang pertama, karena teorinya sangat representatif dikarenakan memiliki kaitan atau hubungan dengan ego yang merupakan salah satu aspek yang mendekati kepribadian manusia. Kedua, menekankan pada pentingnya perubahan yang terjadi pada setiap tahap perkembangan dalam lingkaran kehidupan, dan yang ketiga adalah menggambarkan secara eksplisit mengenai usahanya dalam mengabungkan pengertian klinik dengan sosial dan latar belakang yang dapat memberikan kekuatan/kemajuan dalam perkembangan kepribadian didalam sebuah lingkungan. Melalui teorinya Erikson memberikan sesuatu yang baru dalam mempelajari mengenai perilaku manusia dan merupakan suatu pemikiran yang sangat maju guna memahami persoalan/masalah psikologi yang dihadapi oleh manusia pada jaman modern seperti ini. Oleh karena itu, teori Erikson banyak digunakan untuk menjelaskan kasus atau hasil penelitian yang terkait dengan tahap perkembangan, baik anak, dewasa, maupun lansia.
Erikson dalam membentuk teorinya secara baik, sangat berkaitan erat dengan kehidupan pribadinya dalam hal ini mengenai pertumbuhan egonya. Erikson berpendapat bahwa pandangan-pandangannya sesuai dengan ajaran dasar psikoanalisis yang diletakkan oleh Freud. Jadi dapat dikatakan bahwa Erikson adalah seorang post-freudian atau neofreudian. Akan tetapi, teori Erikson lebih tertuju pada masyarakat dan kebudayaan. Hal ini terjadi karena dia adalah seorang ilmuwan yang punya ketertarikan terhadap antropologis yang sangat besar, bahkan dia sering meminggirkan masalah insting dan alam bawah sadar. Oleh sebab itu, maka di satu pihak ia menerima konsep struktur mental Freud, dan di lain pihak menambahkan dimensi sosial-psikologis pada konsep dinamika dan perkembangan kepribadian yang diajukan oleh Freud. Bagi Erikson, dinamika kepribadian selalu diwujudkan sebagai hasil interaksi antara kebutuhan dasar biologis dan pengungkapannya sebagai tindakan-tindakan sosial.
Tampak dengan jelas bahwa yang dimaksudkan dengan psikososial apabila istilah ini dipakai dalam kaitannya dengan perkembangan. Secara khusus hal ini berarti bahwa tahap-tahap kehidupan seseorang dari lahir sampai dibentuk oleh pengaruh-pengaruh sosial yang berinteraksi dengan suatu organisme yang menjadi matang secara fisik dan psikologis. Sedangkan konsep perkembangan yang diajukan dalam teori psikoseksual yang menyangkut tiga tahap yaitu oral, anal, dan genital, diperluasnya menjadi delapan tahap sedemikian rupa sehingga dimasukkannya cara-cara dalam mana hubungan sosial individu terbentuk dan sekaligus dibentuk oleh perjuangan-perjuangan insting pada setiap tahapnya.
Pusat dari teori Erikson mengenai perkembangan ego ialah sebuah asumpsi mengenai perkembangan setiap manusia yang merupakan suatu tahap yang telah ditetapkan secara universal dalam kehidupan setiap manusia. Proses yang terjadi dalam setiap tahap yang telah disusun sangat berpengaruh terhadap “Epigenetic Principle” yang sudah dewasa/matang. Dengan kata lain, Erikson mengemukakan persepsinya pada saat itu bahwa pertumbuhan berjalan berdasarkan prinsip epigenetic. Di mana Erikson dalam teorinya mengatakan melalui sebuah rangkaian kata yaitu :
(1) Pada dasarnya setiap perkembangan dalam kepribadian manusia mengalami keserasian dari tahap-tahap yang telah ditetapkan sehingga pertumbuhan pada tiap individu dapat dilihat/dibaca untuk mendorong, mengetahui, dan untuk saling mempengaruhi, dalam radius soial yang lebih luas. (2) Masyarakat, pada prinsipnya, juga merupakan salah satu unsur untuk memelihara saat setiap individu yang baru memasuki lingkungan tersebut guna berinteraksi dan berusaha menjaga serta untuk mendorong secara tepat berdasarkan dari perpindahan didalam tahap-tahap yang ada.
Dalam bukunya yang berjudul “Childhood and Society” tahun 1963, Erikson membuat sebuah bagan untuk mengurutkan delapan tahap secara terpisah mengenai perkembangan ego dalam psikososial, yang biasa dikenal dengan istilah “delapan tahap perkembangan manusia”. Erikson berdalil bahwa setiap tahap menghasilkan epigenetic. Epigenetic berasal dari dua suku kata yaitu epi yang artinya “upon” atau sesuatu yang sedang berlangsung, dan genetic yang berarti “emergence” atau kemunculan. Gambaran dari perkembangan cermin mengenai ide dalam setiap tahap lingkaran kehidupan sangat berkaitan dengan waktu, yang mana hal ini sangat dominan dan karena itu muncul , dan akan selalu terjadi pada setiap tahap perkembangan hingga berakhir pada tahap dewasa, secara keseluruhan akan adanya fungsi/kegunaan kepribadian dari setiap tahap itu sendiri.
Selanjutnya, Erikson berpendapat bahwa tiap tahap psikososial juga disertai oleh krisis. Perbedaan dalam setiap komponen kepribadian yang ada didalam tiap-tiap krisis adalah sebuah masalah yang harus dipecahkan/diselesaikan. Konflik adalah sesuatu yang sangat vital dan bagian yang utuh dari teori Erikson, karena pertumbuhan dan perkembangan antar personal dalam sebuah lingkungan tentang suatu peningkatan dalam sebuah sikap yang mudah sekali terkena serangan berdasarkan fungsi dari ego pada setiap tahap.
Erikson percaya “epigenetic principle” akan mengalami kemajuan atau kematangan apabila dengan jelas dapat melihat krisis psikososial yang terjadi dalam lingkaran kehidupan setiap manusia yang sudah dilukiskan dalam bentuk sebuah gambar Di mana gambar tersebut memaparkan tentang delapan tahap perkembangan yang pada umumnya dilalui dan dijalani oleh setiap manusia secara hirarkri seperti anak tangga. Di dalam kotak yang bergaris diagonal menampilkan suatu gambaran mengenai adanya hal-hal yang bermuatan positif dan negatif untuk setiap tahap secara berturut-turut. Periode untuk tiap-tiap krisis, Erikson melukiskan mengenai kondisi yang relatif berkaitan dengan kesehatan psikososial dan cocok dengan sakit yang terjadi dalam kesehatan manusia itu sendiri.
Seperti telah dikemukakan di atas bahwa dengan berangkat dari teori tahap-tahap perkembangan psikoseksual dari Freud yang lebih menekankan pada dorongan-dorongan seksual, Erikson mengembangkan teori tersebut dengan menekankan pada aspek-aspek perkembangan sosial. Melalui teori yang dikembangkannya yang biasa dikenal dengan sebutan Theory of Psychosocial Development (Teori Perkembangan Psikososial), Erikson tidak berniat agar teori psikososialnya menggantikan baik teori psikoseksual Freud maupun teori perkembangan kognitif Piaget. Ia mengakui bahwa teori-teori ini berbicara mengenai aspek-aspek lain dalam perkembangan. Selain itu di sisi lain perlu diketahui pula bahwa teori Erikson menjangkau usia tua sedangkan teori Freud dan teori Piaget berhenti hanya sampai pada masa dewasa.
Meminjam kata-kata Erikson melalui seorang penulis buku bahwa “apa saja yang tumbuh memiliki sejenis rencana dasar, dan dari rencana dasar ini muncullah bagian-bagian, setiap bagian memiliki waktu masing-masing untuk mekar, sampai semua bagian bersama-sama ikut membentuk suatu keseluruhan yang berfungsi. Oleh karena itu, melalui delapan tahap perkembangan yang ada Erikson ingin mengemukakan bahwa dalam setiap tahap terdapat maladaption/maladaptif (adaptasi keliru) dan malignansi (selalu curiga) hal ini berlangsung kalau satu tahap tidak berhasil dilewati atau gagal melewati satu tahap dengan baik maka akan tumbuh maladaption/maladaptif dan juga malignansi, selain itu juga terdapat ritualisasi yaitu berinteraksi dengan pola-pola tertentu dalam setiap tahap perkembangan yang terjadi serta ritualisme yang berarti pola hubungan yang tidak menyenangkan. Menurut Erikson delapan tahap perkembangan yang ada berlangsung dalam jangka waktu yang teratur maupun secara hirarkri, akan tetapi jika dalam tahap sebelumnya seseorang mengalami ketidakseimbangan seperti yang diinginkan maka pada tahap sesudahnya dapat berlangsung kembali guna memperbaikinya.

Erik Erikson, lahir di kota Frankfurt Jerman 15 Juni 1902. Ayah biologisnya adalah seseorang yang tidak dikenal bernama Danish. Dia meninggalkan ibunya sebelum Erik lahir. Ibunya bernama Karla Abrahasemen, seorang wanita yahudi yang membesarkan erik seorang diri selama 3 tahun pertama sebelum dinikahi oleh Dr. Theodor Homberge.
Pada waktu kecil dan awal remajanya dia bernama Erik Homberger. Setelah lulus SMA, Erik ingin menjadi seorang seniman. Erik hidup menjadi seorang yang pemberontak sebelum menjadi seorang yang “the thing to do”. Pada saat usia 25 tahun, Peter Blos seorang seniman yang kemudian menjadi psikoanalisis menyarankan erik untuk menjadi seorang guru di sekolah untuk murid amerika yang dipimpin oleh Dorothy Burlingham, teman Anna Freud.
Saat mengajar Erik bertemu dengan guru dansa yang bernama Joan Seson, kemudian menikah dan mempunyai tiga orang anak. Saat menjadi warga negara amerika, erik secara resmi mengganti namanya menjadi erik erikson. Sama seperti Piaget, Erikson tidak mempunyai pendidikan formal dalam psikologi tetapi sebagai anak muda dia dilatih oleh Freud sebagai seorang Psikoanalisis. Erikson mempunyai hipotesis bahwa orang melewati delapan tahap psikososial sepanjang hidup mereka. Pada masing-masing tahap terdapat krisis atau masalah-masalah penting yang harus diatasi. Erik meninggal pada tahun 1994.
2.      Ciri khas psikologi Erikson
a.       Erikson menekankan kesadaran individu untuk menyesuaikan diri dengan pengaruh sosial. Pusat perhatian psikologi ego adalah kematangan ego yang sehat, alih-alih kkonflik salah suai yang neurotik
b.      Erikson berusaha mengembangkan teori instink dari freud dengan menambahkan konsep epigenetik kepribadian
c.       Erikson secara eksplisit mengemukakan bahwa motif mungkin berasal dari impuls id yang tak sadar, namun motif itu bisa membebaskan diri dari id seperti individu meninggalkan peran sosial di masa lalunya. Fungsi ego dalam pemecahan masalah, persepsi, identitas ego, dan dasar kepercayaan bebas dari id membangun sistem kerja sendiri yang terlepas dari sistem kerja id.
d.      Erikson menganggap ego sebagai sumber kesadaran diri seseorang. Selama menyesuaikan diri dengan realitas, ego mengembangkan perasaan berkelanjutan diri dengan masa lalu dari masa yang akan datang.
3.      Tahapan perkembangan Psikososial


Tahap (usia)
Krisis psikososial
Hubungan
Penting
Modalitas psikososial
Virtue Psikososial
1.      (0-1) bayi
Trust vs mistrust
Ibu
Mengambil, mengembalikan
Harapan, kepercayaan
2.      (2-3) awal anak
Autonomy vs shame, adoubt
Orang tua
Mempertahankan, merelakan
Keinginan, penentuan
3.      (3-6) pra sekolah
Initiative vs guilt
Keluarga dasar
Bermain
Kegunaaan, keberanian
4.      (7-12 ≥) anak usia sekolah
Industry vs isolation
Tetangga dan sekolah
Melengkapi, membuat sesuatu bersama
Kompetensi
5.      (12-18 ≥) remaja
Ego identity vs role confusion
Teman sebaya, role models
Menjadi diri sendiri
Ketaatan, kesetiaan
6.      (20) dewasa awal
Inticimacy vs isolation
Partner, teman
Kehilangan dan menemukan diri dalam orang lain
Cinta
7.      (20-50) dewasa madya
Generativity vs self absorption
Rumah tangga, teman kerja
Ingin sesuatu terjadi, menjaga
Kepedulian
8.      (50) Dewasa akhir
Integrity vs despair
Umat manusia
To be, through having, to face not being
Kebijaksanaan






a.       Tahap pertama
Masa bayi (infancy) ditandai adanya kecenderungan trust – mistrust. Perilaku bayi didasari oleh dorongan mempercayai atau tidak mempercayai orang-orang di sekitarnya. Dia sepenuhnya mempercayai orang tuanya, tetapi orang yang dianggap asing dia tidak akan mempercayainya. Oleh karena itu kadang-kadang bayi menangis bila di pangku oleh orang yang tidak dikenalnya. Ia bukan saja tidak percaya kepada orang-orang yang asing tetapi juga kepada benda asing, tempat asing, suara asing, perlakuan asing dan sebagainya. Kalau menghadapi situasi-situasi tersebut seringkali bayi menangis.
Tahap ini berlangsung pada masa oral, kira-kira terjadi pada umur 0-1 atau 1 ½ tahun. Tugas yang harus dijalani pada tahap ini adalah menumbuhkan dan mengembangkan kepercayaan tanpa harus menekan kemampuan untuk hadirnya suatu ketidakpercayaan. Kepercayaan ini akan terbina dengan baik apabila dorongan oralis pada bayi terpuaskan, misalnya untuk tidur dengan tenang, menyantap makanan dengan nyaman dan tepat waktu, serta dapat membuang kotoron (eliminsi) dengan sepuasnya. Oleh sebab itu, pada tahap ini ibu memiliki peranan yang secara kwalitatif sangat menentukan perkembangan kepribadian anaknya yang masih kecil. Apabila seorang ibu bisa memberikan rasa hangat dan dekat, konsistensi dan kontinuitas kepada bayi mereka, maka bayi itu akan mengembangkan perasaan dengan menganggap dunia khususnya dunia sosial sebagai suatu tempat yang aman untuk didiami, bahwa orang-orang yang ada didalamnya dapat dipercaya dan saling menyayangi. Kepuasaan yang dirasakan oleh seorang bayi terhadap sikap yang diberikan oleh ibunya akan menimbulkan rasa aman, dicintai, dan terlindungi. Melalui pengalaman dengan orang dewasa tersebut bayi belajar untuk mengantungkan diri dan percaya kepada mereka. Hasil dari adanya kepercayaan berupa kemampuan mempercayai lingkungan dan dirinya serta juga mempercayai kapasitas tubuhnya dalam berespon secara tepat terhadap lingkungannya.
Sebaliknya, jika seorang ibu tidak dapat memberikan kepuasan kepada bayinya, dan tidak dapat memberikan rasa hangat dan nyaman atau jika ada hal-hal lain yang membuat ibunya berpaling dari kebutuhan-kebutuhannya demi memenuhi keinginan mereka sendiri, maka bayi akan lebih mengembangkan rasa tidak percaya, dan dia akan selalu curiga kepada orang lain.
Hal ini jangan dipahami bahwa peran sebagai orangtua harus serba sempurna tanpa ada kesalahan/cacat. Karena orangtua yang terlalu melindungi anaknya pun akan menyebabkan anak punya kecenderungan maladaptif. Erikson menyebut hal ini dengan sebutan salah penyesuaian indrawi. Orang yang selalu percaya tidak akan pernah mempunyai pemikiran maupun anggapan bahwa orang lain akan berbuat jahat padanya, dan akan memgunakan seluruh upayanya dalam mempertahankan cara pandang seperti ini. Dengan kata lain,mereka akan mudah tertipu atau dibohongi. Sebaliknya, hal terburuk dapat terjadi apabila pada masa kecilnya sudah merasakan ketidakpuasan yang dapat mengarah pada ketidakpercayaan. Mereka akan berkembang pada arah kecurigaan dan merasa terancam terus menerus. Hal ini ditandai dengan munculnya frustasi, marah, sinis, maupun depresi.
Pada dasarnya setiap manusia pada tahap ini tidak dapat menghindari rasa kepuasan namun juga rasa ketidakpuasan yang dapat menumbuhkan kepercayaan dan ketidakpercayaan. Akan tetapi, hal inilah yang akan menjadi dasar kemampuan seseorang pada akhirnya untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik. Di mana setiap individu perlu mengetahui dan membedakan kapan harus percaya dan kapan harus tidak percaya dalam menghadapi berbagai tantangan maupun rintangan yang menghadang pada perputaran roda kehidupan manusia tiap saat.
Adanya perbandingan yang tepat atau apabila keseimbangan antara kepercayaan dan ketidakpercayaan terjadi pada tahap ini dapat mengakibatkan tumbuhnya pengharapan. Nilai lebih yang akan berkembang di dalam diri anak tersebut yaitu harapan dan keyakinan yang sangat kuat bahwa kalau segala sesuatu itu tidak berjalan sebagaimana mestinya, tetapi mereka masih dapat mengolahnya menjadi baik.
Pada aspek lain dalam setiap tahap perkembangan manusia senantiasa berinteraksi atau saling berhubungan dengan pola-pola tertentu (ritualisasi). Oleh sebab itu, pada tahap ini bayi pun mengalami ritualisasi di mana hubungan yang terjalin dengan ibunya dianggap sebagai sesuatu yang keramat (numinous). Jika hubungan tersebut terjalin dengan baik, maka bayi akan mengalami kepuasan dan kesenangan tersendiri. Selain itu, Alwisol berpendapat bahwa numinous ini pada akhirnya akan menjadi dasar bagaimana orang menghadapi/berkomunikasi dengan orang lain, dengan penuh penerimaan, penghargaan, tanpa ada ancaman dan perasaan takut. Sebaliknya, apabila dalam hubungan tersebut bayi tidak mendapatkan kasih sayang dari seorang ibu akan merasa terasing dan terbuang, sehingga dapat terjadi suatu pola kehidupan yang lain di mana bayi merasa berinteraksi secara interpersonal atau sendiri dan dapat menyebabkan adanya idolism (pemujaan). Pemujaan ini dapat diartikan dalam dua arah yaitu anak akan memuja dirinya sendiri, atau sebaliknya anak akan memuja orang lain.             
b.      Tahap kedua
Masa kanak-kanak awal (early childhood) usia 18 bulan-3 tahun ditandai adanya kecenderungan autonomy – shame, doubt. Pada masa ini sampai batas-batas tertentu anak sudah bisa berdiri sendiri, dalam arti duduk, berdiri, berjalan, bermain, minum dari botol sendiri tanpa ditolong oleh orang tuanya, tetapi di pihak lain dia telah mulai memiliki rasa malu dan keraguan dalam berbuat, sehingga seringkali minta pertolongan atau persetujuan dari orang tuanya.
Pada tahap kedua adalah tahap anus-otot (anal-mascular stages), masa ini biasanya disebut masa balita yang berlangsung mulai dari usia 18 bulan sampai 3 atau 4 tahun. Tugas yang harus diselesaikan pada masa ini adalah kemandirian (otonomi) sekaligus dapat memperkecil perasaan malu dan ragu-ragu. Apabila dalam menjalin suatu relasi antara anak dan orangtuanya terdapat suatu sikap/tindakan yang baik, maka dapat menghasilkan suatu kemandirian. Namun, sebaliknya jika orang tua dalam mengasuh anaknya bersikap salah, maka anak dalam perkembangannya akan mengalami sikap malu dan ragu-ragu. Dengan kata lain, ketika orang tua dalam mengasuh anaknya sangat memperhatikan anaknya dalam aspek-aspek tertentu misalnya mengizinkan seorang anak yang menginjak usia balita untuk dapat mengeksplorasikan dan mengubah lingkungannya, anak tersebut akan bisa mengembangkan rasa mandiri atau ketidaktergantungan. Pada usia ini menurut Erikson bayi mulai belajar untuk mengontrol tubuhnya, sehingga melalui masa ini akan nampak suatu usaha atau perjuangan anak terhadap pengalaman-pengalaman  baru yang berorientasi pada suatu tindakan/kegiatan  yang dapat menyebabkan adanya sikap untuk mengontrol diri sendiri dan juga untuk menerima control dari orang lain. Misalnya, saat anak belajar berjalan, memegang tangan orang lain, memeluk, maupun untuk menyentuh benda-benda lain.
Di lain pihak, anak dalam perkembangannya pun dapat menjadi pemalu dan ragu-ragu. Jikalau orang tua terlalu membatasi ruang gerak/eksplorasi lingkungan dan kemandirian, sehingga anak akan mudah menyerah karena menganggap dirinya tidak mampu atau tidak seharusnya bertindak sendirian. Orang tua dalam mengasuh anak pada usia ini tidak perlu mengobarkan keberanian anak dan tidak pula harus mematikannya. Dengan kata lain, keseimbanganlah yang diperlukan di sini. Ada sebuah kalimat yang seringkali menjadi teguran maupun nasihat bagi orang tua dalam mengasuh anaknya yakni “tegas namun toleran”. Makna dalam kalimat tersebut ternyata benar adanya, karena dengan cara ini anak akan bisa mengembangkan sikap kontrol diri dan harga diri. Sedikit rasa malu dan ragu-ragu, sangat diperlukan bahkan memiliki fungsi atau kegunaan tersendiri bagi anak, karena tanpa adanya perasaan ini, anak akan berkembang ke arah sikap maladaptif yang disebut Erikson sebagai impulsiveness (terlalu menuruti kata hati), sebaliknya apabila seorang anak selalu memiliki perasaan malu dan ragu-ragu juga tidak baik, karena akan membawa anak pada sikap malignansi yang disebut Erikson compulsiveness. Sifat inilah yang akan membawa anak selalu menganggap bahwa keberadaan mereka selalu bergantung pada apa yang mereka lakukan, karena itu segala sesuatunya harus dilakukan secara sempurna. Apabila tidak dilakukan dengan sempurna maka mereka tidak dapat menghindari suatu kesalahan yang dapat menimbulkan adanya rasa malu dan ragu-ragu.
Jikalau dapat mengatasi krisis antara kemandirian dengan rasa malu dan ragu-ragu dapat diatasi atau jika diantara keduanya terdapat keseimbangan, maka nilai positif yang dapat dicapai yaitu adanya suatu kemauan atau kebulatan tekad. Meminjam kata-kata dari Supratiknya yang menyatakan bahwa “kemauan menyebabkan anak secara bertahap mampu menerima peraturan hukum dan kewajiban”.
Ritualisasi yang dialami oleh anak pada tahap ini yaitu dengan adanya sifat bijaksana dan legalisme. Melalui tahap ini anak sudah dapat mengembangkan pemahamannya untuk dapat menilai mana yang salah dan mana yang benar dari setiap gerak atau perilaku orang lain yang disebut sebagai sifat bijaksana. Sedangkan, apabila dalam pola pengasuhan terdapat penyimpangan maka anak akan memiliki sikap legalisme yakni merasa puas apabila orang lain dapat dikalahkan dan dirinya berada pada pihak yang menang sehingga anak akan merasa tidak malu dan ragu-ragu walaupun pada penerapannya menurut Alwisol mengarah pada suatu sifat yang negatif yaitu tanpa ampun, dan tanpa rasa belas kasih.
c.       Tahap ketiga
Masa pra sekolah (Preschool Age) usia 3-6tahun ditandai adanya kecenderungan initiative – guilty. Pada masa ini anak telah memiliki beberapa kecakapan, dengan kecakapan-kecakapan tersebut dia terdorong melakukan beberapa kegiatan, tetapi karena kemampuan anak tersebut masih terbatas adakalanya dia mengalami kegagalan. Kegagalan-kegagalan tersebut menyebabkan dia memiliki perasaan bersalah, dan untuk sementara waktu dia tidak mau berinisatif atau berbuat.
Tahap ketiga ini juga dikatakan sebagai tahap kelamin-lokomotor (genital-locomotor stage) atau yang biasa disebut tahap bermain. Tahap ini pada suatu periode tertentu saat anak menginjak usia 3 sampai 5 atau 6 tahun, dan tugas yang harus diemban seorang anak pada masa ini ialah untuk belajar punya gagasan (inisiatif) tanpa banyak terlalu melakukan kesalahan. Masa-masa bermain merupakan masa di mana seorang anak ingin belajar dan mampu belajar terhadap tantangan dunia luar, serta mempelajari kemampuan-kemampuan baru juga merasa memiliki tujuan. Dikarenakan sikap inisiatif merupakan usaha untuk menjadikan sesuatu yang belum nyata menjadi nyata, sehingga pada usia ini orang tua dapat mengasuh anaknya dengan cara mendorong anak untuk mewujudkan gagasan dan ide-idenya. Akan tetapi, semuanya akan terbalik apabila tujuan dari anak pada masa genital ini mengalami hambatan karena dapat mengembangkan suatu sifat yang berdampak kurang baik bagi dirinya yaitu merasa berdosa dan pada klimaksnya mereka seringkali akan merasa bersalah atau malah akan mengembangkan sikap menyalahkan diri sendiri atas apa yang mereka rasakan dan lakukan.
Ketidakpedulian (ruthlessness) merupakan hasil dari maladaptif yang keliru, hal ini terjadi saat anak memiliki sikap inisiatif yang berlebihan namun juga terlalu minim. Orang yang memiliki sikap inisiatif sangat pandai mengelolanya, yaitu apabila mereka mempunyai suatu rencana baik itu mengenai sekolah, cinta, atau karir mereka tidak peduli terhadap pendapat orang lain dan jika ada yang menghalangi rencananya apa dan siapa pun yang harus dilewati dan disingkirkan demi mencapai tujuannya itu. Akan tetapi bila anak saat berada pada periode mengalami pola asuh yang salah yang menyebabkan anak selalu merasa bersalah akan mengalami malignansi yaitu akan sering berdiam diri (inhibition). Berdiam diri merupakan suatu sifat yang tidak memperlihatkan suatu usaha untuk mencoba melakukan apa-apa, sehingga dengan berbuat seperti itu mereka akan merasa terhindar dari suatu kesalahan.
Kecenderungan atau krisis antara keduanya dapat diseimbangkan, maka akan lahir suatu kemampuan psikososial adalah tujuan (purpose). Selain itu, ritualisasi yang terjadi pada masa ini adalah masa dramatik dan impersonasi. Dramatik dalam pengertiannya dipahami sebagai suatu interaksi yang terjadi pada seorang anak dengan memakai fantasinya sendiri untuk berperan menjadi seseorang yang berani. Sedangkan impersonasi dalam pengertiannya adalah suatu fantasi yang dilakukan oleh seorang anak namun tidak berdasarkan kepribadiannya. Oleh karena itu, rangakain kata yang tepat untuk menggambarkan masa ini pada akhirnya bahwa keberanian, kemampuan untuk bertindak tidak terlepas dari kesadaran dan pemahaman mengenai keterbatasan dan kesalahan yang pernah dilakukan sebelumnya.  
d.      Tahap keempat
Masa Sekolah (School Age) usia 6-12 tahun ditandai adanya kecenderungan industry–inferiority. Sebagai kelanjutan dari perkembangan tahap sebelumnya, pada masa ini anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Dorongan untuk mengatahui dan berbuat terhadap lingkungannya sangat besar, tetapi di pihak lain karena keterbatasan-keterbatasan kemampuan dan pengetahuannya kadang-kadang dia menghadapi kesukaran, hambatan bahkan kegagalan. Hambatan dan kegagalan ini dapat menyebabkan anak merasa rendah diri.
Tahap keempat ini dikatakan juga sebagai tahap laten yang terjadi pada usia sekolah dasar antara umur 6 sampai 12 tahun. Salah satu tugas yang diperlukan dalam tahap ini ialah adalah dengan mengembangkan kemampuan bekerja keras dan menghindari perasaan rasa rendah diri. Saat anak-anak berada tingkatan ini area sosialnya bertambah luas dari lingkungan keluarga merambah sampai ke sekolah, sehingga semua aspek memiliki peran, misalnya orang tua harus selalu mendorong, guru harus memberi perhatian, teman harus menerima kehadirannya, dan lain sebagainya.
Tingkatan ini menunjukkan adanya pengembangan anak terhadap rencana yang pada awalnya hanya sebuah fantasi semata, namun berkembang seiring bertambahnya usia bahwa rencana yang ada harus dapat diwujudkan yaitu untuk dapat berhasil dalam belajar. Anak pada usia ini dituntut untuk dapat merasakan bagaimana rasanya berhasil, apakah itu di sekolah atau ditempat bermain. Melalui tuntutan tersebut anak dapat mengembangkan suatu sikap rajin. Berbeda kalau anak tidak dapat meraih sukses karena mereka merasa tidak mampu (inferioritas), sehingga anak juga dapat mengembangkan sikap rendah diri. Oleh sebab itu, peranan orang tua maupun guru sangatlah penting untuk memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan anak pada usia seperti ini. Kegagalan di bangku sekolah yang dialami oleh anak-anak pada umumnya menimpa anak-anak yang cenderung lebih banyak bermain bersama teman-teman dari pada belajar, dan hal ini tentunya tidak terlepas dari peranan orang tua maupun guru dalam mengontrol mereka.        Kecenderungan maladaptif akan tercermin apabila anak memiliki rasa giat dan rajin terlalu besar yang mana peristiwa ini menurut Erikson disebut sebagai keahlian sempit. Di sisi lain jika anak kurang memiliki rasa giat dan rajin maka akan tercermin malignansi yang disebut dengan kelembaman. Mereka yang mengidap sifat ini oleh Alfred Adler disebut dengan “masalah-masalah inferioritas”. Maksud dari pengertian tersebut yaitu jika seseorang tidak berhasil pada usaha pertama, maka jangan mencoba lagi. Usaha yang sangat baik dalam tahap ini sama seperti tahap-tahap sebelumnya adalah dengan menyeimbangkan kedua karateristik yang ada, dengan begitu ada nilai positif yang dapat dipetik dan dikembangkan dalam diri setiap pribadi yakni kompetensi.
Dalam lingkungan yang ada pola perilaku yang dipelajari pun berbeda dari tahap sebelumnya, anak diharapkan mampu untuk mengerjakan segala sesuatu dengan mempergunakan cara maupun metode yang standar, sehingga anak tidak terpaku pada aturan yang berlaku dan bersifat kaku. Peristiwa tersebut biasanya dikenal dengan istilah formal. Sedangkan pada pihak lain jikalau anak mampu mengerjakan segala sesuatu dengan mempergunakan cara atau metode yang sesuai dengan aturan yang ditentukan untuk memperoleh hasil yang sempurna, maka anak akan memiliki sikap kaku dan hidupnya sangat terpaku pada aturan yang berlaku. Hal inilah yang dapat menyebabkan relasi dengan orang lain menjadi terhambat. Peristiwa ini biasanya dikenal dengan istilah formalism.
e.       Tahap kelima
Tahap kelima merupakan tahap adolesen (remaja), yang dimulai pada saat masa puber 12 tahun dan berakhir pada usia 18 atau 20 tahun. Masa Remaja (adolescence) ditandai adanya kecenderungan identity – Identity Confusion. Sebagai persiapan ke arah kedewasaan didukung pula oleh kemampuan dan kecakapan-kecakapan yang dimilikinya dia berusaha untuk membentuk dan memperlihatkan identitas diri, ciri-ciri yang khas dari dirinya. Dorongan membentuk dan memperlihatkan identitasdiri ini, pada para remaja sering sekali sangat ekstrim dan berlebihan, sehingga tidak jarang dipandang oleh lingkungannya sebagai penyimpangan atau kenakalan. Dorongan pembentukan identitas diri yang kuat di satu pihak, sering diimbangi oleh rasa setia kawan dan toleransi yang besar terhadap kelompok sebayanya. Di antara kelompok sebaya mereka mengadakan pembagian peran, dan seringkali mereka sangat patuh terhadap peran yang diberikan kepada masing-masing anggota.
Pencapaian identitas pribadi dan menghindari peran ganda merupakan bagian dari tugas yang harus dilakukan dalam tahap ini. Menurut Erikson masa ini merupakan masa yang mempunyai peranan penting, karena melalui tahap ini orang harus mencapai tingkat identitas ego, dalam pengertiannya identitas pribadi berarti mengetahui siapa dirinya dan bagaimana cara seseorang terjun ke tengah masyarakat. Lingkungan dalam tahap ini semakin luas tidak hanya berada dalam area keluarga, sekolah namun dengan masyarakat yang ada dalam lingkungannya. Masa pubertas terjadi pada tahap ini, kalau pada tahap sebelumnya seseorang dapat menapakinya dengan baik maka segenap identifikasi di masa kanak-kanak diintrogasikan dengan peranan sosial secara aku, sehingga pada tahap ini mereka sudah dapat melihat dan mengembangkan suatu sikap yang baik dalam segi kecocokan antara isi dan dirinya bagi orang lain, selain itu juga anak pada jenjang ini dapat merasakan bahwa mereka sudah menjadi bagian dalam kehidupan orang lain. Semuanya itu terjadi karena mereka sudah dapat menemukan siapakah dirinya. Identitas ego merupakan kulminasi nilai-nilai ego sebelumnya yang merupakan ego sintesis. Dalam arti kata yang lain pencarian identitas ego telah dijalani sejak berada dalam tahap pertama/bayi sampai seseorang berada pada tahap terakhir/tua. Oleh karena itu, salah satu point yang perlu diperhatikan yaitu apabila tahap-tahap sebelumnya berjalan kurang lancar atau tidak berlangsung secara baik, disebabkan anak tidak mengetahui dan memahami siapa dirinya yang sebenarnya ditengah-tengah pergaulan dan struktur sosialnya, inilah yang disebut dengan identity confusion atau kekacauan identitas.
Akan tetapi di sisi lain jika kecenderungan identitas ego lebih kuat dibandingkan dengan kekacauan identitas, maka mereka tidak menyisakan sedikit ruang toleransi terhadap masyarakat yang bersama hidup dalam lingkungannya. Erikson menyebut maladaptif ini dengan sebutan fanatisisme. Orang yang berada dalam sifat fanatisisme ini menganggap bahwa pemikiran, cara maupun jalannyalah yang terbaik. Sebaliknya, jika kekacauan identitas lebih kuat dibandingkan dengan identitas ego maka Erikson menyebut malignansi ini dengan sebutan pengingkaran. Orang yang memiliki sifat ini mengingkari keanggotaannya di dunia orang dewasa atau masyarakat akibatnya mereka akan mencari identitas di tempat lain yang merupakan bagian dari kelompok yang menyingkir dari tuntutan sosial yang mengikat serta mau menerima dan mengakui mereka sebagai bagian dalam kelompoknya.
Kesetiaan akan diperoleh sebagi nilai positif yang dapat dipetik dalam tahap ini, jikalau antara identitas ego dan kekacauan identitas dapat berlangsung secara seimbang, yang mana kesetiaan memiliki makna tersendiri yaitu kemampuan hidup berdasarkan standar yang berlaku di tengah masyarakat terlepas dari segala kekurangan, kelemahan, dan ketidakkonsistennya.
f.       Tahap keenam
Tahap pertama hingga tahap kelima sudah dilalui, maka setiap individu akan memasuki jenjang berikutnya yaitu pada masa dewasa awal yang berusia sekitar 20-30 tahun. Masa Dewasa Awal (Young adulthood) ditandai adanya kecenderungan intimacy – isolation. Kalau pada masa sebelumnya, individu memiliki ikatan yang kuat dengan kelompok sebaya, namun pada masa ini ikatan kelompok sudah mulai longgar. Mereka sudah mulai selektif, dia membina hubungan yang intim hanya dengan orang-orang tertentu yang sepaham. Jadi pada tahap ini timbul dorongan untuk membentuk hubungan yang intim dengan orang-orang tertentu, dan kurang akrab atau renggang dengan yang lainnya.
Jenjang ini menurut Erikson adalah ingin mencapai kedekatan dengan orang lain dan berusaha menghindar dari sikap menyendiri. Periode diperlihatkan dengan adanya hubungan spesial dengan orang lain yang biasanya disebut dengan istilah pacaran guna memperlihatkan dan mencapai kelekatan dan kedekatan dengan orang lain. Di mana muatan pemahaman dalam kedekatan dengan orang lain mengandung arti adanya kerja sama yang terjalin dengan orang lain. Akan tetapi, peristiwa ini akan memiliki pengaruh yang berbeda apabila seseorang dalam tahap ini tidak mempunyai kemampuan untuk menjalin relasi dengan orang lain secara baik sehingga akan tumbuh sifat merasa terisolasi. Erikson menyebut adanya kecenderungan maladaptif yang muncul dalam periode ini ialah rasa cuek, di mana seseorang sudah merasa terlalu bebas, sehingga mereka dapat berbuat sesuka hati tanpa memperdulikan dan merasa tergantung pada segala bentuk hubungan misalnya dalam hubungan dengan sahabat, tetangga, bahkan dengan orang yang kita cintai/kekasih sekalipun. Sementara dari segi lain/malignansi Erikson menyebutnya dengan keterkucilan, yaitu kecenderungan orang untuk mengisolasi/menutup diri sendiri dari cinta, persahabatan dan masyarakat, selain itu dapat juga muncul rasa benci dan dendam sebagai bentuk dari kesendirian dan kesepian yang dirasakan.
Oleh sebab itu, kecenderungan antara keintiman dan isoalasi harus berjalan dengan seimbang guna memperoleh nilai yang positif yaitu cinta. Dalam konteks teorinya, cinta berarti kemampuan untuk mengenyampingkan segala bentuk perbedaan dan keangkuhan lewat rasa saling membutuhkan. Wilayah cinta yang dimaksudkan di sini tidak hanya mencakup hubungan dengan kekasih namun juga hubungan dengan orang tua, tetangga, sahabat, dan lain-lain.
Ritualisasi yang terjadi pada tahan ini yaitu adanya afiliasi dan elitisme. Afilisiasi menunjukkan suatu sikap yang baik dengan mencerminkan sikap untuk mempertahankan cinta yang dibangun dengan sahabat, kekasih, dan lain-lain. Sedangkan elitisme menunjukkan sikap yang kurang terbuka dan selalu menaruh curiga terhadap orang lain.
g.      Tahap ketujuh
Masa dewasa (dewasa tengah) berada pada posisi ke tujuh, dan ditempati oleh orang-orang yang berusia sekitar 30 sampai 60 tahun. Masa Dewasa (Adulthood) ditandai adanya kecenderungan generativity-stagnation. Sesuai dengan namanya masa dewasa, pada tahap ini individu telah mencapai puncak dari perkembangan segala kemampuannya. Pengetahuannya cukup luas, kecakapannya cukup banyak, sehingga perkembangan individu sangat pesat. Meskipun pengetahuan dan kecakapan individu sangat luas, tetapi dia tidak mungkin dapat menguasai segala macam ilmu dan kecakapan, sehingga tetap pengetahuan dan kecakapannya terbatas. Untuk mengerjakan atau mencapai hal– hal tertentu ia mengalami hambatan.
Apabila pada tahap pertama sampai dengan tahap ke enam terdapat tugas untuk dicapai, demikian pula pada masa ini dan salah satu tugas untuk dicapai ialah dapat mengabdikan diri guna keseimbangan antara sifat melahirkan sesuatu (generativitas) dengan tidak berbuat apa-apa (stagnasi). Generativitas adalah perluasan cinta ke masa depan. Sifat ini adalah kepedulian terhadap generasi yang akan datang. Melalui generativitas akan dapat dicerminkan sikap memperdulikan orang lain. Pemahaman ini sangat jauh berbeda dengan arti kata stagnasi yaitu pemujaan terhadap diri sendiri dan sikap yang dapat digambarkan dalam stagnasi ini adalah tidak perduli terhadap siapapun.
Maladaptif yang kuat akan menimbulkan sikap terlalu peduli, sehingga mereka tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri. Selain itu malignansi yang ada adalah penolakan, di mana seseorang tidak dapat berperan secara baik dalam lingkungan kehidupannya akibat dari semua itu kehadirannya ditengah-tengah area kehiduannya kurang mendapat sambutan yang baik.
Harapan yang ingin dicapai pada masa ini yaitu terjadinya keseimbangan antara generativitas dan stagnansi guna mendapatkan nilai positif yang dapat dipetik yaitu kepedulian. Ritualisasi dalam tahap ini meliputi generasional dan otoritisme. Generasional ialah suatu interaksi/hubungan yang terjalin secara baik dan menyenangkan antara orang-orang yang berada pada usia dewasa dengan para penerusnya. Sedangkan otoritisme yaitu apabila orang dewasa merasa memiliki kemampuan yang lebih berdasarkan pengalaman yang mereka alami serta memberikan segala peraturan yang ada untuk dilaksanakan secara memaksa, sehingga hubungan diantara orang dewasa dan penerusnya tidak akan berlangsung dengan baik dan menyenangkan.
h.      Tahap kedelapan
Tahap terakhir dalam teorinya Erikson disebut tahap usia senja yang diduduki oleh orang-orang yang berusia sekitar 60 atau 65 ke atas. Masa hari tua (Senescence) ditandai adanya kecenderungan ego integrity – despair. Pada masa ini individu telah memiliki kesatuan atau intregitas pribadi, semua yang telah dikaji dan didalaminya telah menjadi milik pribadinya. Pribadi yang telah mapan di satu pihak digoyahkan oleh usianya yang mendekati akhir. Mungkin ia masih memiliki beberapa keinginan atau tujuan yang akan dicapainya tetapi karena faktor usia, hal itu sedikit sekali kemungkinan untuk dapat dicapai. Dalam situasi ini individu merasa putus asa. Dorongan untuk terus berprestasi masih ada, tetapi pengikisan kemampuan karena usia seringkali mematahkan dorongan tersebut, sehingga keputusasaan acapkali menghantuinya
Dalam teori Erikson, orang yang sampai pada tahap ini berarti sudah cukup berhasil melewati tahap-tahap sebelumnya dan yang menjadi tugas pada usia senja ini adalah integritas dan berupaya menghilangkan putus asa dan kekecewaan. Tahap ini merupakan tahap yang sulit dilewati menurut pemandangan sebagian orang dikarenakan mereka sudah merasa terasing dari lingkungan kehidupannya, karena orang pada usia senja dianggap tidak dapat berbuat apa-apa lagi atau tidak berguna. Kesulitan tersebut dapat diatasi jika di dalam diri orang yang berada pada tahap paling tinggi dalam teori Erikson terdapat integritas yang memiliki arti tersendiri yakni menerima hidup dan oleh karena itu juga berarti menerima akhir dari hidup itu sendiri. Namun, sikap ini akan bertolak belakang jika didalam diri mereka tidak terdapat integritas yang mana sikap terhadap datangnya kecemasan akan terlihat. Kecenderungan terjadinya integritas lebih kuat dibandingkan dengan kecemasan dapat menyebabkan maladaptif  yang biasa disebut Erikson berandai-andai, sementara mereka tidak mau menghadapi kesulitan dan kenyataan di masa tua. Sebaliknya, jika kecenderungan kecemasan lebih kuat dibandingkan dengan integritas maupun secara malignansi yang disebut dengan sikap menggerutu, yang diartikan Erikson sebagai sikap sumaph serapah dan menyesali kehidupan sendiri. Oleh karena itu, keseimbangan antara integritas dan kecemasan itulah yang ingin dicapai dalam masa usia senja guna memperoleh suatu sikap kebijaksanaan.



DAFTAR PUSTAKA


Corey, G. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy- 8th Edition. Belmont: Brook/Cole USA

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juantika. 2011. Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Psychologymania. http://www.psychologymania.com/2011/09/teori-perkembangan-psikoseksual.html (diakses tanggal 18 Februari 2013)


1 komentar: